Penerapan Standar Umum Akuntansi Koperasi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Gerakan Ekonomi Kaum Ibu (Kspps Gemi) Yogyakarta

Prabowo, Luthfi Yusuf (2021) Penerapan Standar Umum Akuntansi Koperasi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Gerakan Ekonomi Kaum Ibu (Kspps Gemi) Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (1MB)

Abstract

Dalam sistem perekonomian Indonesia dikenal ada tiga pilar utama yang menyangga perekonomian Indonesia. Ketiga pilar tersebut adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi. Koperasi memiliki peran yang cukup signifikan dalam upaya pemberdayaan ekonomi rakyat, hal tersebut dikarenkan kopersi mudah dijangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Fenomena yang cukup menarik adalah mulai banyaknya masyarakat yang tertarik dengan jasa layanan keuangan yang ditawarkan oleh koperasi, terlebih lagi koperasi dengan sistem syariah yang menggunakan prinsip syariah/islam dalam pelayanan keuangannya yang bertujuan untuk menghindari unsur riba yang dilarang dalam agama islam. Seiring dengan kondisi tersebut maka sudah seharusnya dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan harus memenuhi standar akuntansi keuangan, khususnya standar akuntansi keuangan syariah. Seperti yang kita ketahui bahwa koperasi merupakan lembaga yang sumber dana keuangannya berasal dari para anggota dan pada setiap tahunnya diselenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang juga disampaikan di dalamnya laporan keuangan guna mempertanggungjawabkan dan menjelaskan kondisi keuangan dari koperasi itu sendiri. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan oleh koperasi adalah pemahaman terkait dengan standar akuntansi keuangan koperasi yang digunakan, mulai dari standar akuntansi keuangan umum, standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik, dan standar akuntansi keuangan syariah. KSPPS GEMI Yogyakarta merupakan koperasi syariah yang memfokuskan kegiatan pada pemberdayaan ekonomi kaum ibu dan atau kaum perempuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian hidup. KSPPS GEMI Yogyakarta disebut merupakan salah satu koperasi yang sudah memiliki NIK Koperasi dan bersertifikat dengan grade A. Hal tersebut menandakan bahwa KSPPS GEMI Yogyakarta mempunyai kredibilitas tinggi dalam pelayanan dan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan dan penyajian laporan keuangan KSPPS GEMI Yogyakarta menurut standar umum akuntansi koperasi (PSAK No.101 tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari analisis akan disampaikan dalam bentuk naratif dengan mendeskripsikan penyusunan dan penyajian laporan keuangan KSPPS GEMI Yogyakarta menurut PSAK No.101. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan dan penyajian laporan keuangan KSPPS GEMI Yogyakarta masih belum menerapkan dan sesuai dengan standar akuntansi keuangan syariah, yaitu PSAK No.101.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: KSPPS KSPPS, PSAK No.101, Laporan Keuangan, Standar Akuntansi Koperasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:26
Last Modified: 16 Mar 2021 03:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item