Pengaruh Transparansi Akuntabilitas Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Condongcatur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman)

Sarah, Wilthelmina Musu (2021) Pengaruh Transparansi Akuntabilitas Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Condongcatur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Wilthelmina Musu Sarah.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Dana Desa. Data penelitian ini diperoleh dengan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat desa Condongcatur kecamatan Depok kabupaten Sleman dengan metode purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah masyarakat desa Condongcatur yang sudah berusia 18 sampai 59 tahun yang terdaftar sebagai penduduk asli desa Congdongcatur kecamatan Depok kabupaten Sleman. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Untuk menguji responden dengan kuesioner di uji validitas, uji reliabilitas dan statistik sebelum penelitian. Setelah meneliti dilakukan uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis yang digunakan adalah regersi liner berganda dan uji parsial (t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) transparansi perpengaruh terhadap pengelolaan dana desa, (2) akuntabilitas berpengaruh terhadap pengelolaan dana desa, (3) partisipasi masyarakat tidak berpengaruh terhadap pengelolaan dana desa.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Dana Desa.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:32
Last Modified: 02 Feb 2022 07:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

View Item View Item