Analisis Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Perusahaan Jasa Bidang Outsourcing Berdasarkan Psak No 23 Pada Pt Provices Indonesia Periode Tahun 2019

Pranarto, Dyas Tiara (2020) Analisis Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Perusahaan Jasa Bidang Outsourcing Berdasarkan Psak No 23 Pada Pt Provices Indonesia Periode Tahun 2019. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKAIS)
Naskah Publikasi.docx

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui apakah pengakuan dan pengkuran pendapatan pada PT Provices Indonesia sudah sesuai dengan PSAK 23 (revisi 2018) tentang pendapatan. Pendapatan harus diukur dengan nilai wajar imbalan yang diterima dan harus dapat diukur dengan andal. Untuk mengetahui hal tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian secara objektif dan dapat menghasilkan suatu kesimpulan terhadap data-data yang telah diamati. Penelitian dilakukan dengan membandingkan pengakuan dan pengukuran pendapatan oleh PT Provices Indonesia dengan pengakuan dan pengukuran pendapatan berdasarkan PSAK 23 (revisi 2018). Pengumpulan data didapat dari hasil wawancara, dokumentasi perusahaan serta observasi langsung dengan bagian keuangan. Selain itu penelitian ini juga menggunakan data sekunder untuk memperoleh laporan keuangan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa PT Provices Indonesia telah menerapkan PSAK 23 dalam pengakuan dan pengukuran pendapatannya. Salah satu yang mendukung kesimpulan tersebut adalah dari metode pencatatan yang diterapkan oleh PT Provices Indonesia yaitu menggunakan metode accrual basic, dimana PT Provices Indonesia melakukan pencatatan pada saat terjadinya suatu transaksi.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pengakuan Pendapatan, Perusahaan Jasa, PSAK 23
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:23
Last Modified: 02 Feb 2022 07:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item