ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK DI PT. MBELINGER SEJAHTERA BERSAMA

Setyowati, Erni (2020) ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK DI PT. MBELINGER SEJAHTERA BERSAMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (Bab Satu)
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text (Bab Dua)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text (Bab Tiga)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text (Bab Empat)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text (Bab Lima)
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penentuan harga jual suatu produk atau jasa merupakan salah satu keputusan penting manajemen karena harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya dan dalam rangka mendapatkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Faktor biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual, karena biaya menggambarkan batas minimum yang harus dipenuhi perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Cost plus pricing adalah penentuan harga jual dengan menambahkan laba yang diharapkan diatas biaya penuh masa yang akan datang untuk memproduksi dan memasarkan produk. Mark Up Pricing adalah metode yang biasanya digunakan oleh para pedagang yang usahanya membeli dan menjual kembali barang tersebut setelah terlebih dahulu ditambah biaya-biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual produk serta membandingkan dengan kajian teori. Penelitian ini dilakukan pada PT Mbelinger Sejahtera Bersama yang berlokasi di Jalan Kebun Raya No.43 Rejowinangun Kotagede Yogyakarta. Metode penelitian dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah penghitungan harga jual produk. Langkah menganalisis data yaitu dengan: 1) menghitung biaya bahan baku langsung; 2) menghitung biaya tenaga kerja tidak langsung; 3) menghitung biaya overhead pabrik; 4) menghitung harga pokok produksi; 5) menghitung harga jual produk; 6) membandingkan konsep penghitungan harga pokok produksi dan harga jual produk menurut perusahaan dan menurut kajian teori; 7) menghitung harga jual produk menurut perusahaan dan menurut kajian teori; dan 8) menyimpulkan penentuan harga jual produk pada perusahaan berdasarkan penghitungan dan analisis yang sudah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pada penghitungan harga jual produk menurut perusahaan dan penghitungan harga jual produk menurut kajian teori. Perbedaan tersebut terjadi karena perbedaan kosep penghitungan harga jual produk menurut perusahaan dan menurut kajian teori, dimana perusahaan mementingkan keuntungan sebesar- besarnya ketimbang keakuratan penghitungan yang didasari penggolongan biaya yang tepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga jual produk menurut PT Mbelinger Sejahtera Bersama belum sesuai dengan kajian teori

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: harga pokok produksi , Cost Plus Pricing, dan Full Costing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:50
Last Modified: 27 Dec 2021 04:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item