Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Selama Pandemi Virus Ncov-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Go away Periode Mei-Agustus 2020)

Riswinta, Riswinta (2021) Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Selama Pandemi Virus Ncov-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Go away Periode Mei-Agustus 2020). Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Selama Pandemi Virus Ncov-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Go away Periode Mei-Agustus 2020). pp. 1-20.

[img] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (61kB)

Abstract

E-commerce muncul bersamaan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi yang memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan transaksi jual-beli online, salah satu industri e-commerce di Indonesia adalah Shopee. Transaksi penjualan di shopee saat ini mengalami kenaikan dibanding saat sebelum terdapatnya fenomena Covid-19, dimana karena adanya pandemi ini seluruh masyarakat wajib melakukan social distancing untuk memutus rantai penyebaran virus. Dampaknya adalah masyarakat jadi memanfaatkan shopee untuk melakukan belanja online dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif pengguna shopee selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif, pengumpulan data primer dilakukan menggunakan metode wawancara kepada 10 orang informan dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana perilaku konsumtif pengguna shopee selama pandemi Covid-19. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan shopee yang cukup meningkat ditengah pandemi ini, dimana anggota komunitas Go away aktif melakukan pembelian online dengan menggunakan kemudahan yang diberikan shopee.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Perilaku Konsumtif, Shopee, Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:38
Last Modified: 07 Mar 2022 00:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item