Strategi Komunikasi Guru Di Tengah Wabah Pandemi (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Guru Dalam Pelaksanaan Sekolah Berbasis Daring Sebagai Pendidikan Alternatif Di Tengah Wabah Covid - 19 Pada Guru Di Smp Pgri Kalimulya Depok)

Veronika Sipahutar, Evita (2021) Strategi Komunikasi Guru Di Tengah Wabah Pandemi (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Guru Dalam Pelaksanaan Sekolah Berbasis Daring Sebagai Pendidikan Alternatif Di Tengah Wabah Covid - 19 Pada Guru Di Smp Pgri Kalimulya Depok). Strategi Komunikasi Guru Di Tengah Wabah Pandemi (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Guru Dalam Pelaksanaan Sekolah Berbasis Daring Sebagai Pendidikan Alternatif Di Tengah Wabah Covid - 19 Pada Guru Di Smp Pgri Kalimulya Depok). pp. 1-17.

[img] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (59kB)

Abstract

Sektor pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan metode pembelajaran karena melandanya wabah pandemi Covid-19. Metode pembelajaran yang biasanya terjadi secara tatap muka di sekolah berganti menjadi pembelajaran jarak jauh yang disebut Belajar Dari Rumah (BDR) dengan menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Sekolah Menengah Pertama PGRI Kalimulya menerapkan sistem ini sesuai dengan aturan Pemerintah dengan segala keterbatasannya dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar secara lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi guru SMP PGRI Kalimulya dalam pelaksanaan sekolah berbasis daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ingin menunjukan bagaimana strategi komunikasi guru SMP PGRI Kalimulya dalam pelaksanaan sekolah berbasis daring sebagai pendidikan alternatif di tengah wabah Covid-19. Berdasarkan temuan peniliti, guru SMP PGRI Kalimulya menggunakan strategi komunikasi dengan tepat dan efektif ke siswa. Sekolah juga dapat mengatasi kesenjangan perangkat komunikasi yang dihadapi oleh sekolah-sekolah lainnya di Depok

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Sekolah, Guru
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:39
Last Modified: 07 Mar 2022 00:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10125

Actions (login required)

View Item View Item