Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

Cahyaningtias, Nadiafara (2021) Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (82kB)

Abstract

Manajemen laba merupakan penyajian laba di laporan keuangan yang tidak sebenarnya disajikan sesuai dengan kondisi ekonomi perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. Apabila informasi yang disajikan dapat memenuhi kebutuhan stakeholders, maka tindakan manajemen laba dapat diminimalkan serendah mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap manajemen laba. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen Dan Komite Audit. Manajemen laba sebagai variabel dependen diproyeksi dengan discretionary accrual dengan menggunakan model jones yang dimodifikasi. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba sedangkan, Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Manajemen Laba, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:26
Last Modified: 02 Feb 2022 07:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10161

Actions (login required)

View Item View Item