Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

Wati, Vivi Lusiana (2020) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (87kB)

Abstract

Dunia perbankan memegang peranan penting dalam pertumbuhan stabilitas ekonomi, oleh karena itu penting untuk mengetahui seberapa besar kinerja perusahaan perbankan dalam perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Dewan Komisaris Independen terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit dan Dewan Komisaris Independen serta Kinerja Perusahaan sebagai variabel dependen. Kinerja perusahaan merupakan sesuatu yang dihasilkan atau dikerjakan yang dicapai dari suatu usaha (Purwadarminta, 1995). Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI) Good Corporate Governance adalah seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah, karyawan, serta para pemegang kepentingan (stakeholders). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Indonesia pada peride 2016 sampai dengan 2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling dimana terdapat pertimbangan daan kriteria-kriteria tertentu dalam pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan sedangkan Komite Audit dan Dewan Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite audit,Dewan Komisaris Independen, Good Corporate Governance.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:43
Last Modified: 02 Feb 2022 08:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item