Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

Oktaviantini, Normalita (2020) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Normalita Oktaviantini.docx
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik corporate governance terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan teori keagenanan dan teori stakeholder. Secara umum, good corporate governance adalah sebuah sistem, struktur, dan mekanisme yang dibentuk untuk mencapai keberhasilan suatu perusahaan dan corporate social responsibility adalah tanggung jawab sosial perusahaan atas segala tindakannya yang mempunyai pengaruh terhadap manusia, komunitas, dan lingkungan. Pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel dependen diukur dengan menggunakan indeks GRI 3.1. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian adalah proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, dan kepemilikan manajerial. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan 15 perusahaan dari sektor transportasi. Metode atau alat pengolahan statistik menggunakan regresi, anova, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sementara itu, ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: good corporate governance, corporate social responsibility, proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, kepemilikan manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:52
Last Modified: 24 Dec 2021 01:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item