Evaluasi Penentuan Harga Jual Dengan Perhitungan Harga Pokok Produksi Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Pabrik Tempe “Ibu Rus” Brebes)

Arip, Reza (2020) Evaluasi Penentuan Harga Jual Dengan Perhitungan Harga Pokok Produksi Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Pabrik Tempe “Ibu Rus” Brebes). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI.docx

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi yang selama ini dilakukan persahaan, untuk mengetahui peritingan harga pokok produksi apabila menggunakan metode perhitungan yang baku, dan untuk mengetahui perbandingan dari kedua metode tersebut serta pengarugnya terhadap harga jual. Dalam melakukan penelitian , penulis mengumpulkan data dengan survey, dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptip kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan antara metode perusahaan dengan metode full costing. Perhitungan menggunakan metode perusahaan menghasilkan harga pokok produksi tempe kecil sebesar Rp. 750,- , untuk tempe sedang Rp. 937,5,- , tempe sedang (lebih panjang) Rp. 1.875,- , dan tempe besar Rp. 2.500,- , sedangkan menurut metode full costing harga pokok produksinya untuk tempe kecil Rp.1.022,47, -, tempe sedang Rp.1.278,11,-, tempe sedang Rp.2.911,86,- (lebih panjang), tempe besar Rp.3.408,40. Perbedaan tersebut dikarenakan perhitungan perhitungan yang dilakukan perusahaan belum mengakui seluruh biaya yang berkaitan proses produksi yaitu perusahaan belum memasukan komponen biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perhitungan harga pokok perusahaan kurang tepat, terdapat perbedaan antara perhitungan harga pokok yang dilakukan perusahaan dengan perhitunga menggunakan metode full costing. Perhitungan harga pokok produksi dan penentuan harga jual menghasilkan angka yang lebih tinggi.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Harga pokok produksi, Metode full costing, Harga Jual
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:55
Last Modified: 02 Feb 2022 08:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item