Hubungan Kontrol Diri Dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Autoritatif Dengan Perilaku Disiplin Siswa Di Smk Seni Rupa Yogyakarta

Ratnasari, Evi (2020) Hubungan Kontrol Diri Dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Autoritatif Dengan Perilaku Disiplin Siswa Di Smk Seni Rupa Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kontrol diri dengan perilaku disiplin siswa di sekolah, (2) hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh autoritatif dengan perilaku disiplin siswa di sekolah, (3) hubungan antara kontrol diri dan persepsi siswa terhadap pola asuh autoritatif dengan perilaku disiplin siswa di sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Seni Rupa Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Keseluruhan subjek yang terlibat berjumlah 214 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kontrol diri siswa, skala persepsi siswa terhadap pola asuh autoritatif, dan skala perilaku disiplin siswa di sekolah. Ketiga skala ini menggunakan model skala Likert yang terdiri dari empat alternatif pilihan jawaban. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi product moment dan regresi linier berganda. Analisis korelasi product moment digunakan untuk menguji hipotesis 1 dan hipotesis 2, sedangkan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kontrol diri dengan perilaku disiplin siswa di sekolah, ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,711, p = 0,00 (p < 0,01), dan sumbangan efektif 50,55%; 2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pola asuh auturitatif dengan perilaku disiplin siswa di sekolah, ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,511, p = 0,00 (p < 0,01), dan sumbangan efektif 26,11%; 3) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara kontrol diri dan persepsi siswa terhadap pola asuh autoritatif dengan perilaku disiplin siswa di sekolah, ditunjukkan dengan nilai korelasi ganda sebesar 0,725, p = 0,00 (p < 0,01), dan sumbangan efektif 52,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, persepsi siswa terhadap pola asuh autoritatif, perilaku disiplin siswa di sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:01
Last Modified: 04 Feb 2022 01:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item
View Item