Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Perokok (Studi Kasus Interpersonal Relationship Pada Kalangan Perokok Perempuan Di Komunitas Ladies Curva Sud Yogyakarta Pada Tahun 2020)

Pratidina, Rizki (2020) Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Perokok (Studi Kasus Interpersonal Relationship Pada Kalangan Perokok Perempuan Di Komunitas Ladies Curva Sud Yogyakarta Pada Tahun 2020). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (330kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang sering dilakukan oleh individu atau kelompok untuk dapat menyampaikan pesan sehingga dapat diterima dengan baik oleh penerima. Ladies Curva Sud merupakan komunitas supporter perempuan dari klub sepak bola PSS Sleman, dimana didalamnya banyak ditemukan perokok perempuan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal pada kalangan perokok perempuan di komunitas Ladies Curva Sud Yogyakarta pada tahun 2020. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menerapkan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh fokus pada interaksi dan bagaimana kondisi yang sedang terjadi dilapangan. Penelitian dikaji dengan teori Komunikasi Interpersonal dan Fundamental Interpersonal Relationship Orientation oleh Wiliam Schutz. Hasil penelitian yang diperoleh yakni komunikasi interpersonal yang terjalin oleh seluruh anggota komunitas Ladies Curva Sud dapat dilakukan dengan efektif dan tidak ada kesulitan untuk berinteraksi meski didalam komunitas tersebut terdapat kalangan perokok. Anggota komunitas ini bisa membangun hubungan yang erat tanpa memandang perbedaan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai bersama yaitu dapat memajukan komunitas Ladies Curva Sud dengan membuat kreativitas untuk PSS Sleman, serta berusaha membuktikan kepada masyarakat bahwa mereka bukan komunitas negatif hanya karena anggotanya perempuan yang merupakan supporter dan perokok.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kalangan Perokok Perempuan, Hubungan Kedekatan, Komunitas Ladies Curva Sud.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:54
Last Modified: 02 Feb 2022 05:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item
View Item