POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE (STUDI DESKRIPTIF POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA-SISWI DI MIN 1 YOGYAKARTA)

Pahlevi, Rahma Dhea (2021) POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE (STUDI DESKRIPTIF POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA-SISWI DI MIN 1 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text (Bab Satu)
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text (Bab Dua)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (Bab Tiga)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (Bab Empat)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (Bab Lima)
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dampak covid-19 merubah sistem pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran online. MIN 1 Yogyakarta menjadi salah satu sekolah dasar yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Pengajar dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran secara jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran online dan bagaimana hasil dari penerapan pola komunikasi dalam pembelajaran online sebagai upaya peningkatan pemahaman materi siswa di MIN 1 Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 6 MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bagaimana pola komunikasi yang dilakukan guru MIN 1 Yogyakarta ialah pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi banyak arah. Peneliti menemukan metode yang digunakan oleh para guru yakni menggunakan metode Shannon dan Weaver dalam proses pembelajaran online. Indikasi ini dilihat dari para guru yang menggunakan media kedua yakni smartphone dan media online dalam proses pemberian pemahaman kepada para siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Pembelajaran Online, Media Online, Guru dan Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:52
Last Modified: 27 Dec 2021 02:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10448

Actions (login required)

View Item View Item