Komunikasi Interpersonal Komunitas Stand Up Comedy Dalam Mengembangkan Public Speaking Komika Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Di Komunitas Stand Up Indo Jogja)

Baja, M.Rizki Fajar Putra (2020) Komunikasi Interpersonal Komunitas Stand Up Comedy Dalam Mengembangkan Public Speaking Komika Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Di Komunitas Stand Up Indo Jogja). Komunikasi Interpersonal Komunitas Stand Up Comedy Dalam Mengembangkan Public Speaking Komika Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Di Komunitas Stand Up Indo Jogja). pp. 1-14.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap Stand Up Comedy. Salah satu area ketertarikan peneliti ada pada salah satu komunitas Stand Up Comedy yang ada di Indonesia khususnya Yogjakarta yaitu Komunitas Standup Indo Jogja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Interpersonal Komunitas Stand Up Comedy Dalam Mengembangkan Publik Speaking Komika Baru. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis yakni teori komunikasi interpersonal dan teori belajar konstruktivisme. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 orang, yaitu 1 orang komika senior sekaligus pengurus dan 2 orang komika baru anggota Komunitas Standup Indo Jogja. Pemaparandilakukan dengan cara deskriptif untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Komunitas Standup Indo Jogja khususnya komika senior dan komika baru selalu menerapkan komunikasi yang baik pada saat pelaksanaan kegiatan seperti openmic, sharing komika dan lain-lain. Dan Komunikasi Interpersonal Komunitas Stand Up Indo Jogja dalam membangun Public Speaking pada komika baru sangat membutuhkan bimbingan komika senior agar tujuan dalam belajar maupun membangun Public Speaking dapat terpenuhi dan terbangun dengan baik.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Komunitas Stand Up Comedy, Publik Speaking
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:41
Last Modified: 07 Mar 2022 00:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10478

Actions (login required)

View Item View Item