Pengaruh Pelatihan Keyakinan Diri Mengelola Konflik Kerja-Keluarga Terhadap Work Engagement Pekerja Perempuan Yang Telah Berkeluarga Di Divisi Produksi Pt. Uci

Ansyah, Dedi (2020) Pengaruh Pelatihan Keyakinan Diri Mengelola Konflik Kerja-Keluarga Terhadap Work Engagement Pekerja Perempuan Yang Telah Berkeluarga Di Divisi Produksi Pt. Uci. Pengaruh Pelatihan Keyakinan Diri Mengelola Konflik Kerja-Keluarga Terhadap Work Engagement Pekerja Perempuan Yang Telah Berkeluarga Di Divisi Produksi Pt. Uci. (Unpublished)

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan keyakinan diri mengelola konflik kerja-keluarga terhadap work engagement pekerja perempuan yang telah berkeluarga dan memiliki anak di divisi produksi PT. UCI Karawang, Jawa Barat. Work engagement merupakan faktor penting dalam organisasi bisnis untuk menghadapi persaingan yang ketat karena berhubungan dengan performa baik individu ataupun perusahaan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dan memiliki tingkat work engagement rendah hingga sedang. Modul pelatihan disusun berdasarkan konsep model tahapan perubahan self-efficacy dari Prochaska dan Norcross (2001) yaitu pra-kontemplasi, kontemplasi, persiapan, aksi, dan pemeliharaan. Desain eksperimen pada penelitian ini adalah desain kuasi eksperimental. Analisis data menggunakan teknik independent sample t-test dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat work engegament kelompok yang diberikan pelatihan keyakinan diri mengelola konflik kerja-keluarga lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak diberikan pelatihan (t = 4,683 dan p<0,01) dan ada perbedaan tingkat work engagement pada kelompok yang diberikan pelatihan keyakinan diri mengelola konflik kerja-keluarga antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan (t = -21,692 dan p<0,01). Kesimpulannya, pelatihan keyakinan diri mengelola konflik kerja-keluarga efektif untuk meningkatkan work engagement.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pelatihan keyakinan diri mengelola konflik kerja-keluarga, work engagement, pekerja perempuan berkeluarga.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:41
Last Modified: 04 Feb 2022 03:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10966

Actions (login required)

View Item
View Item