Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Tahun 2015 - 2018)

Kabalu, Egidius Umbu (2021) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Tahun 2015 - 2018). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian-penelitian sebelumnya untuk mengukur seberapa besar pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan GCG yang diproxy kan dengan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan yang di proxykan dengan Return on Assets. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada periode 2015-2018, dengan metode purposive sampling hingga diperoleh sampel 34 perusahaan. Selanjutnya data pada penelitian ini diolah dengan metode regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi spss. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel komisaris independen memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan, variabel dewan direksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan, variabel komite audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan, variabel kepemilikan manajerial memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan, variabel kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan secara simultan semua variabel good corporate governance yang di proxykan dengan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, Komisaris independen, dewan direksi, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:15
Last Modified: 03 Sep 2021 03:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item