Laporan Akhir Pengabdian Ipteks Bagi Masyarakat (IbM): IbM Desa Giripurwo; Penerapan Technofeeding untuk Peningkatan Produktifitas Kambing Lokal

Suwarta, Fransiscus Xaverius and Sundari, Sundari (2015) Laporan Akhir Pengabdian Ipteks Bagi Masyarakat (IbM): IbM Desa Giripurwo; Penerapan Technofeeding untuk Peningkatan Produktifitas Kambing Lokal. Project Report. Program Studi Peternakan Fakultas Agroindustri, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Akhir Pengabdian Ipteks Bagi Masyarakat (IbM))
09_2015-Laporan Akhir_IbM_Technofeeding.pdf

Download (16MB)
[img] Text (Tanda Terima Laporan Pengabdian)
CamScanner 04-12-2021 11.59_14.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam skim IbM merupakan kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang dilakukan bersama dua mitra dan bersifat mono tahun. Tujuan program IbM adalah peningkatan kesejahteraan ekonomi yang dilakukan melalui penerapan ipteks secara tepat guna di masyarakat. IbM Desa Giripurwo di laksanakan pada dua (2) Kelompok Ternak Kambing pada dua Pedukuhan yaitu Kelompok Nedyo Rukun, di Pedukuhan Temon dan Kelompok Handini Mulyo di Pedukuhan Karang Nongko, Desa Giri Purwo. Anggota kelompok Nedyo Rukun berjumlah orang dan Handini Mulyo 35 orang. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi program IbM pada para pihak yaitu pemerintah desa, dusun, BPP dan kelompok. Penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan limbah pertanian untuk kambing, berupa pengolahan complete feed dan silase. Perbaikan reproduksi ternak melalui teknologi flushing dan penerapan technobreeding melalui seleksi dan persilangan kambing lokal dengan kambing PE. Hasil yang dicapai berupa peningkatan kapasitas kelompok dalam memanfaatkan limbah pertanian untuk cadangan pakan kambing di musim kemarau serta peningkatan mutu pakan. Disamping itu terjadi peningkatan reproduksi kambing setelah flushing dengan 80% kambing menunjukkan kejelasan birahi dan 80% kambing mengalami kebuntingan. Berat lahir anak kambing meningkat dari 2,4 kg menjadi 2,8 kg. Disimpulkan anggota kelompok Nedyo Rukun mempunyai respon yang tinggi untuk menerima teknologi yang ditawarkan, serta terjadi peningkatan kapasitas dalam mengolah limbah pertanian untuk cadangan pakan, meningkatkan kualitas dan produktivitas kambing melalui teknologi flushing dan persilangan. Keberlanjutan program ini dijamin karena kepala dusun dan Kepala Desa terlibat langsung dalam program ini dan masyarakat membutuhkan teknologi untuk meningkatkan pendapatan melalui penyediaan cadangan pakan di musim kemarau dan meningkatkan kualitas kambing lokal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:41
Last Modified: 28 Apr 2021 16:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item