Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei 2018 - 2019)

Gunawan, Indra (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei 2018 - 2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (98kB)

Abstract

Dalam dunia investasi terutama pada pasar modal laporan keuangan memegang peranan yang penting untuk menentukan di mana akan menanam saham pada perusahaan yang telah Go Public, dengan laporan keuangan yang tepat waktu akan menjadi nilai plus bagi perusahaan untuk menarik para investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas (ROA), leverage (DER) dan pergantian auditor terhadap ketepatan waktu perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018-2019. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan leverage secara signifikan berpengaruh negatif. Sedangkan pergantian auditor tidak berpengaruh dalam ketepatan waktu pelaporan keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, leverage, pergantian auditor
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:47
Last Modified: 02 Feb 2022 07:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item