Perbedaan Perilaku Disiplin Berlalu Lintas Antara Siswa Sma Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler PKS Di Kabupaten Purworejo

Suhartini, Rizky (2021) Perbedaan Perilaku Disiplin Berlalu Lintas Antara Siswa Sma Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler PKS Di Kabupaten Purworejo. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku disiplin berlalu lintas antara siswa SMA yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Kabupaten Purworejo. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan perilaku disiplin berlalu lintas antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Kabupaten Purworejo. Subjek penelitian yaitu siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PKS dan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PKS dan menggunakan kendaraan bermotor saat beraktivitas dengan karakteristik berkendara yang berkemungkinan dilakukan oleh siswa SMA diantaranya perilaku melanggar lampu kuning, menelepon, mengirim SMS, merokok dan berkendara lebih dari 2 orang. Data dikumpulkan menggunakan skala perilaku disiplin berlalu lintas. Teknik analisis data menggunakan uji daya beda independent sample t test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil t pada uji Independent Sample t-test sebesar 2,065 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (nyata) antara skor perilaku disiplin berlalu lintas pada kelompok siswa yang mengikuti ektrakurikuler PKS dengan kelompok siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler PKS. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PKS memiliki perilaku disiplin berlalu lintas yang lebih baik, ditunjukkan dengan nilai mean hasil deskripsi data penelitian sebesar 95,83 dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler PKS yang memperoleh nilai mean hasil deskripsi penelitian sebesar 92,20.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: disiplin lalu lintas, ekstrakurikuler, patroli keamanan sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:04
Last Modified: 22 Jun 2021 04:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11379

Actions (login required)

View Item
View Item