“Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)”

Panggabean, Sri Lara Lestari (2021) “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)”. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (26kB)

Abstract

Kinerja keuangan merupakan suatu patokan utama untuk mengukur baik atau tidaknya kinerja perusahaan yang dilihat dari laporan keuangan. Kondisi perusahaan yang baik akan menarik para investor untuk menanamkan modal mereka sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan, namun apabila kondisi perusahaan tersebut buruk maka sistem pengelolaan perusahaan tersebut ditingkatkan lagi sehingga mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Salah satunya dengan menerapkan Good Corporate Governance. Pengukuran kinerja keuangan dalam penelitian ini menggunakan rasio profitabilitas yaitu Return On Assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Good Corporate Governance yang di proksikan dari ukuran Dewan Komisaris Independen, Dewan Direksi dan Komite Audit terhadap profitabilitas yang diukur dengan Return On Assets (ROA). Objek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan. Periode penelitian yang digunakan adalah publikasi laporan keuangan pada tahun 2017-2019. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor Food And Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019 menunjukkan bahwa secara parsial variable Dewan Komisaris Independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan Dewan Direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dan variabel Komite Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Rasio keuangan, kinerja keuangan, harga saham, variabel intervening
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:58
Last Modified: 20 Sep 2021 04:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item
View Item