Pengaruh Net Foreign Fund, Aksi Korporasi, Dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Saham Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2019 – September 2020)

Zakiyah, Fitri Arifatu Faidhotu Pengaruh Net Foreign Fund, Aksi Korporasi, Dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Saham Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2019 – September 2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi. pp. 1-10.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh net foreign fund, aksi korporasi, dan inflasi terhadap harga saham. Data yang digunakan berupa data runtun waktu periode Januari 2019-September 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Januari 2019-September 2020. Variabel independen dalam penelitian ini adalah net foreign fund, aksi korporasi, dan inflasi. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang kemudian memperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa net foreign fund berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, aksi korporasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Variabel net foreign fund, aksi korporasi, dan inflasi terhadap secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan pemerintah dapat menciptakan iklim investasi dalam negeri yang lebih kondusif dengan membuat suatu kebijakan yang tepat bagi pasar modal agar tetap stabil saat terjadi guncangan ekonomi yang dapat mempengaruhi kepercayaan investor yang akan menanamkan modal investasinya.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: net foreign fund, aksi korporasi, inflasi, harga saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:24
Last Modified: 21 Jun 2021 03:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item