Komunikasi Organisasi Pada Kesetaraan Gender Dalam Organisasi Mahasiswa Kedaerahan Ikatan Pelajar Mahasiswa Bangka (Isba) Yogyakarta

Astari, Sonia Dwi (2021) Komunikasi Organisasi Pada Kesetaraan Gender Dalam Organisasi Mahasiswa Kedaerahan Ikatan Pelajar Mahasiswa Bangka (Isba) Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. pp. 1-14.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SONIA DWI ASTARI 17071073.docx

Download (36kB)

Abstract

Kesetaraan gender adalah persamaan sosial antara laki-laki dan perempuan yang memiliki kesempatan terhadap hak-hak nya sebagai manusia. Gender laki-laki maupun perempuan dapat berperan dan berkontribusi dalam kegiatan sebuah organisasi dengan adanya status jabatan di struktur organisasi. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada organisasi kedaerahan Ikatan Pelajar Mahasiswa Bangka atau ISBA. ISBA adalah sebuah organisasi mahasiswa kedaerahan yang berasal dari Bangka Belitung. Pada kepengurusan di struktur organisasi termasuk dalam komunikasi organisasi dan terdapat komunikasi kepemimpinan. Selain itu terdapat perempuan dan laki-laki di dalamnya dan adanya pengurus inti juga sehingga akan membutuhkan seorang pemimpin untuk mengarahkan serta mengatur kegiatan secara keseluruhan. Kesetaraan gender yang dimaksudkan pada penelitian ini untuk melihat bagaimana peran dengan keterkaitan perempuan yang jarang diberikan peran penting khusunya di ISBA. Kesetaraan gender saat ini lebih dipentingkan dan berpengaruh baik secara kehidupan nyata maupun organisasi, dimana lebih mudah dipresentasikan ketika berada dalam sebuah organisasi yang mana bisa terwujud baik bagi perempuan maupun laki-laki. Sehingga akan adanya campur tangan kedua belah pihak untuk menyelaraskan nya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif menggunakan konstruksi yang fokus menjelaskan dan mengintepretasikan berbagai fenomena dengan data yang diperoleh berdasarkan kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data atau memilih data yang sesuai pada subjek dan objek penelitian, penyajian data berupa naratif, dan penarikan kesimpulan dilakukan sesuai dengan judul penelitian dan data lapangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Kesetaraan Gender, Peran Perempuan, Organisasi Kedaerahan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:38
Last Modified: 22 Jun 2021 03:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item