Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Konsumen (Studi Kuantitatif Pada Akun Instagram @Kaligrafi_Shabbylovers)

Pambudi, Hizkia Yanuar (2021) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Konsumen (Studi Kuantitatif Pada Akun Instagram @Kaligrafi_Shabbylovers). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. pp. 1-20.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (41kB)

Abstract

Kaligrafi Shabby Lovers menjadi salah satu UMKM yang berhasil menjual lebih dari ribuan produknya dan memiliki jumlah pengikut di sosial media instagram yang besar. Meskipun demikian masih terdapat beberapa kelemahan yang berpotensi menjadi ancaman, salah satu cara untuk menghadapi ancaman tersebut adalah dengan membentuk kesadaran merek atau brand awareness dalam benak konsumen agar mampu untuk terus bersaing dan meningkatkan kepercayaan konsumen akan produknya dengan digital marketing. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh digital marketing terhadap pembentukan brand awareness konsumen akun instagram @kaligrafi_shabbylovers. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan membagikan kuesioner melalui media google form kepada followers akun instagram kaligrafi shabby lovers sebanyak 100 responden. Grand theory dalam penelitian ini adalah teori digital marketing dari Eun Yong Kim dan brand awareness dari David Aaker. Hasil penelitian mengenai pengaruh digital marketing terhadap pembentukan brand awareness konsumen pada akun Instagram @kaligrafi_shabbylovers diolah menggunakan program SPSS 25 for windows, menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pembentukan brand awareness. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima bahwa ada pengaruh digital marketing terhadap pembentukan brand awareness konsumen akun instagram @kaligrafi_shabbylovers. Dari empat indikator digital marketing yaitu interactive, incentive program, site design, dan transaction/cost, indikator incentive program memiliki pengaruh tertinggi. Sedangkan indikator brand awareness yang digunakan untuk mengukur yaitu: top of mind, brand recall dan brand recognition memiliki pengaruh tinggi.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: digital marketing, social media instagram, brand awareness, Kaligrafi Shabby Lovers
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:39
Last Modified: 22 Jun 2021 03:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item