Pola Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Loyalitas Mitra Aplikasi Kiosbank Cabang Yogyakarta Tahun 2020

Tanjung, Bernardo Arya (2021) Pola Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Loyalitas Mitra Aplikasi Kiosbank Cabang Yogyakarta Tahun 2020. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. pp. 1-11.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Bernardo Arya Tanjung_16071170.docx

Download (35kB)

Abstract

Melakukan komunikasi persuasif kepada mitra untuk menggunakan aplikasi Kiosbank tentu membutuhkan kerja keras yang ekstra. Aplikasi PPOB pasalnya sudah semakin banyak disediakan oleh para pengembang IT dengan beragam fitur yang mumpuni. Kiosbank dengan serius menjaga pelayanan jasa dan kualitas aplikasinya secara berkala agar meningkatkan kepuasan pengguna yang bertujuan untuk membentuk adanya loyalitas mitra khususnya di wilayah Yogyakarta. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pola komunikasi persuasif dalam meningkatkan loyalitas mitra Aplikasi Kiosbank cabang Yogyakarta?. Penelitian menggunakan Metode penelitian deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Pola komunikasi menurut Burgon dan Huffner yaitu Pola komunikasi asertif, Pola komunikasi pasif, dan Pola komunikasi agresi. Hasil penelitian ini diukur dari tiga pola komunikasi yaitu Komunikasi asertif dilakukan Koordinator wilayah saat mempersuasif mitra untuk tetap menggunakan aplikasi Kiosbank serta menjalin komunikasi yang rutin dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada mitra, Komunikasi pasif juga sering dialami oleh Koordinator Wilayah tentunya saat memberikan informasi tentang produk kepada mitra melalui Whatasapp maupun email tanpa adanya feedback (umpan balik). Komunikasi agresi tidak ditemukan dalam mempersuasif mitra Kiosbank karena Koordinator Wilayah selalu menjaga hubungan yang baik dengan mitranya. Dari keseluruhan data yang diperoleh, maka pola komunikasi asertif lebih efisien untuk meningkatkan loyalitas mitra. Karena komunikasi yang dilakukan oleh Koordinator Wilayah dalam mengatasi keluhan mitra dilakukan secara responsif, dan mampu mempersuasif mitra agar tetap tenang dalam situasi yang belum kondusif. Selain itu, pola komunikasi asertif dapat menjadi sarana menyampaikan kritik dan saran yang membangun untuk aplikasi Kiosbank agar kedepannya menjadi lebih baik.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kualitatif, Persuasif, Pola komunikasi, PPOB, Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:57
Last Modified: 22 Jun 2021 02:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item