Pengaruh Independensi, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit, Dan Manajemen Laba Terhadap Integritas Laporan Keuangan

Isnawati, Isnawati (2020) Pengaruh Independensi, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit, Dan Manajemen Laba Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Isnawati_17061215.docx

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris tentang pengaruh independensi, mekanisme corporate governance (kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit), kualitas audit, dan manajemen laba terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Integritas laporan keuangan didefinisikan sebagai sejauh mana laporan keuangan yang disajikan menunjukkan informasi yang benar dan jujur. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah independensi, mekanisme corporate governance yang dianalisis dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusioanl, dewan komisaris independen, komite audit, kualitas audit, dan manajemen laba. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah integritas laporan keuangan yang dianalisis oleh konservatisme, pada tahun pengamatan 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 32 perusahaan sehingga didapatkan sampel sebanyak 150 data pengamatan. Sampel diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah independensi, dewan komisaris independen, dan kualitas audit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit dan manajemen laba berpengaruh secara signifikan terhadap integritas laporan keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Independensi, Mekanisme Corporate Governance (Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Komite Audit), Kualitas Audit, Manajemen Laba, dan Integritas Laporan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:32
Last Modified: 17 Sep 2021 03:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item