Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Pada Saat Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Rositawati, Erlina (2021) Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Pada Saat Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI ERLINA ROSITAWATI-18062282.docx

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Struktur Modal (DER), Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (Tobin’Q) saat terjadi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Populasi dalam penelitian ini menggunakan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki laporan keuangan triwulan 1 dan triwulan 2 yang belum diaudit. Ada 66 perusahaan perbankan dimana berdasarkan metode teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu . Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistika diskritif, uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji Autokorelasi, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan Uji T, Uji Signifikansi Simultan atau Uji F dan Koefisien Determinasi R2 Dari hasil pengamatan hasil uji T menunjukkan bahwa variabel Struktur Modal dan ertumbuhan profitabilitas berpengaruh terhadap Perusahaan, sedangkan pertumbuhan berusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji signifikasi simultan atau uji F diketahui bahwa variabel Struktur Modal (DER), Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas (ROA) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Tobin’Q). Hasil analisis koefisien determinasi (R²) diperoleh Adjusted R square (R²) sebesar 0, 0,203 atau sebebsar 20,3 %, hal ini menunjukkan menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen yaitu struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap variabel dependen nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’Q sebesar 20,3%, sedangkan sisanya di jelaskan79,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Tobin’Q
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:04
Last Modified: 29 Jun 2021 04:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item