Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kecamatan Cerenti (Studi Kasus: Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti)

Jelita, Rahma (2021) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kecamatan Cerenti (Studi Kasus: Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (239kB)

Abstract

Di Indonesia, Pajak Bumi dan Bangunan kebanyakan masyarakat dibayarkan melalui perangkat desa setempat. Hal ini menyebabkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diselenggarakan oleh perangkat desa. Oleh sebab itu perangkat desa setempat harus memberikan sosialisasi pentingnya membayar PBB agar pembayaran pajak disetorkan tepat waktu kepada Dispenda setempat sehigga tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan tingkat kesadaran masyarakat tidak akan berdampak pada menurunnya pendapatan asli daerah / penerimaan PBB. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan masyarakat terhadap kepatuhan membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Cerenti, Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Cerenti Desa Kampung Baru dan Untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Cerenti. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 WP OP dihitung dengan menggunakan rumus slovin teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik insindental, data dikumpulkan dengan kuesioner. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji t. Tingkat signifikansi ditentukan 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan kesadaran tidak berpengaruh terhadap kepatuhan untuk membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Cerenti.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan, Tingkat Kesadaran, Kepatuhan Wajib Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 May 2021 04:06
Last Modified: 20 May 2021 04:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11664

Actions (login required)

View Item View Item