Pengaruh Pajak Hotel Pajak Restoran Pajak Hiburan Dan Retribusi Objek Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dengan Dimoderasi Oleh Kunjungan Wisatawan Provinsi Di Yogyakarta

Wulandari, Irnas (2021) Pengaruh Pajak Hotel Pajak Restoran Pajak Hiburan Dan Retribusi Objek Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dengan Dimoderasi Oleh Kunjungan Wisatawan Provinsi Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pajak hotel dan restoran, pajak hiburan dan retribusi obyek wisata Tehadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi DIY Yogyakarta dan juga jumlah kunjungan wisatawan memperkuat atau tidak hubungan pajak hotel dan restoran, pajak hiburan dan retribusi obyek wisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi DIY Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder. Populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah seluruh Pendapatan Asli Daearah (PAD) yang ada pada DI. Yogyakrta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD) DI. Yogyakarta melalui pajak hotel dan restoran beserta pajak hiburan, retribusi obyek wisata dan jumlah kunjungan wisatawan periode tahun 2015-2019. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian yaitu teknik sampling jenuh (sensus) yang mana peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dan Moderasi Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari pengaruh Pajak hotel dan restoran serta Pajak hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) namun pada retribusi obyek wisata tidak terdapat pengaruh positif. Sedangkan pada variabel moderasi yaitu jumlah kunjungan wisatawan dapat memperkuat pajak hotel dan restoran, pajak hiburan dan retribusi obyek wisata terhadap pendapatan asli daerah.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpusatkaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pajak hotel dan restoran, pajak hiburan, retribusi obyek wisata dan jumlah kunjungan wisatawan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:08
Last Modified: 06 Sep 2021 04:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11689

Actions (login required)

View Item View Item