Pengaruh Earnings Manajemen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2017-2019)

Rachmawati, Roshyda Niken (2021) Pengaruh Earnings Manajemen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2017-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (133kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapapatkan bukti empiris tentang pengaruh earnings manajemen terhadap nilai perusahaan serta pengaruh corporate governance sebagai variable moderasi terhadap hubungan antara earnings management dengan nilai perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2017-2019. Pemilihan sampel melalui metode purposive sampling. Terdapat 33 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian dengan melakukan outlier 11 data sehingga data penelitian berjumlah 88. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji statistik t, dan uji moderated regression analysis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai signifikansi pengaruh earnings management (variabel independen) terhadap nilai perusahaan (variabel dependen) adalah 0,043 < 0,05 dan nilai t hitung 2,053 > dari nilai T tabel 1,98793. Artinya terdapat pengaruh earnings management terhadap nilai perusahaan, dengan demikian maka H1 diterima. (2) Nilai signifikansi kemampuan corporate governance memoderasi pengaruh earnings management (variabel independen) terhadap nilai perusahaan (variabel dependen) adalah 0,028 < 0,05. Artinya corporate governance mampu memoderasi pengaruh earnings management terhadap nilai perusahaan, dengan demikian maka H2 diterima.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Earnings Management, Corporate Governance, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:22
Last Modified: 15 Sep 2021 04:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item