Kontekstualisasi Pembelajaran Filsafat Ilmu pada Program Magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Hastangka, Hastangka (2021) Kontekstualisasi Pembelajaran Filsafat Ilmu pada Program Magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Filsafat Indonesia, 4 (1). ISSN 2620-7999

[thumbnail of Artikel Jurnal]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
3. Kontekstualisasi Pembelajaran Filsafat Ilmu.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Filsafat Ilmu merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diselenggarakan untuk program studi
magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pada dasarnya, Filsafat Ilmu menjadi
salah satu bagian penting pembelajaran untuk mahasiswa semester pertama pada jenjang strata
1 dan strata 2 di perguruan tinggi sebagai fondasi untuk mengenal, memahami, dan mendalami
tentang bidang ilmu tertentu yang dipelajari. Filsafat Ilmu sebagai salah satu cabang filsafat
khusus memiliki fungsi dan peran untuk menjadi dasar berpijak dalam memberikan kerangka
ontologis, epistemologis, dan aksiologis atas ilmu yang ada dan berkembang dewasa ini. Filsafat
Ilmu diajarkan pada jenjang pendidikan strata 2 sebagai upaya untuk memberikan kerangka
berpikir untuk mengembangkan dan mendalami disiplin ilmu yang lebih spesifik dan mendalam.
Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian tindakan kelas yang akan mendeskripsikan
tentang proses pembelajaran Filsafat Ilmu pada Program Magister Psikologi Universitas Mercu
Buana Yogyakarta pada periode tahun 2020 sampai dengan 2021. Tujuan dari penelitian ini ialah
untuk memberikan orientasi dan pengenalan model pembelajaran Filsafat Ilmu pada program
Strata 2 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kontekstualisasi pembelajaran Filsafat Ilmu
untuk bidang disiplin ilmu di luar Filsafat menjadi penting dilakukan. Metode penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
sumber data dari buku, jurnal ilmiah, dan hasil wawancara kepada mahasiswa. Analisis data ini
menggunakan analisis kritis, analisis induktif-deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa kontekstualisasi pembelajaran Filsafat Ilmu pada program Magister Psikologi dapat
dilakukan melalui pendekatan inovatif dan kreatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: filsafat ilmu; psikologi; pembelajaran; model.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:07
Last Modified: 02 Aug 2021 04:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item
View Item