Analisis Isi Website Dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik (Analisis dan Evaluasi Konten BLT (Bantuan Langsung Tunai) pada Website DPRD Kabupaten Sleman)

Sobah, Arfaul Maula (2021) Analisis Isi Website Dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik (Analisis dan Evaluasi Konten BLT (Bantuan Langsung Tunai) pada Website DPRD Kabupaten Sleman). Analisis Isi Website Dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik (Analisis dan Evaluasi Konten BLT (Bantuan Langsung Tunai) pada Website DPRD Kabupaten Sleman). pp. 1-14.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah publikasi arfaul_1707118.doc

Download (465kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian terkait analisis isi pada website DPRD Kabupaten Sleman dalam rangka keterbukaan informasi publik. Website DPRD merupakan salah satu media sarana penyebaran informasi dari pemerintahan DPRD yang dapat diakses oleh masyarakat luas, sehingga dibutuhkannya konten yang berisikan informasi yang lengkap terkhusus konten yang memiliki sentimen tinggi terhadap publik seperti pada konten bantuan langsung tunai (BLT). Berdasarkan aturan Permendes PDTT No. 7 tahun 2020, terdapat enam kali pembagian dana BLT selama 1 tahun. Sedangkan pada website DPRD Sleman hanya terdapat 3 konten yang menayangkan berita tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah isi konten pembagian dana BLT pada website DPRD Kabupaten Sleman dapat menunjang keterbukaan informasi publik. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang bertujuan untuk mengevaluasi konten BLT pada website DPRD Kabupaten Sleman dengan pengumpulan data secara dokumentasi dan wawancara pada pengolah website, dua orang jurnalistik dan peneliti. Dari analisis data tersebut, didapatkan hasil bahwa telah memenuhi standar keterbukaan informasi publik sejalan dengan UU KIP No.14 Tahun 2008 Pasal 2 bagian kesatu tentang kemudahan akses informasi akan tetapi untuk kedalaman konten sendiri, kurang memenuhi standar dari informasi yang baik karena tidak terkupasnya topik bahasan secara lengkap dan tuntas.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Pepustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Website, Konten BLT, Keterbukaan informasi publik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:23
Last Modified: 21 Jan 2022 04:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item