Analisis Pengaruh Electronic Banking Terhadap Profitabilitas Bank Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020

Arini, Fajar Dwi (2021) Analisis Pengaruh Electronic Banking Terhadap Profitabilitas Bank Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (85kB)

Abstract

Selama masa pandemi inovasi layanan perbankan lebih fokus kepada pengembangan layanan digital berupa electronic banking. Percepatan digitalisasi ekonomi dalam industri perbankan diharapkan memperbanyak transaksi perbankan nasabah sehingga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan profitabilitas bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic banking terhadap profitabilitas bank pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Indikator elektronic banking meliputi mobile banking dan internet banking. Profitabilitas bank diukur menggunakan ROI (Return on Investment). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah 20 perusahaan perbankan dengan laporan keuangan mulai tahun 2017 sampai dengan 2020. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, menunujukkan bahwa mobile banking tidak berpengaruh positif terhadap profitabilitas bank, internet banking berpengaruh positif terhadap profitabilitas bank dan secara simultan mobile banking dan internet banking berpengaruh positif terhadap profitabilitas bank.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, Internet Banking, ProfitabilitasBank
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:33
Last Modified: 12 Oct 2021 04:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item