PENGARUH SOSIALISASI, PENGAWASAN, DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PELAKSANAAN TERA ULANG ALAT UKUR TAKAR TIMBANG DAN PERLENGKAPANNYA (UTTP) TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PASAR PRAMBANAN

Riyanto, Dwi (2021) PENGARUH SOSIALISASI, PENGAWASAN, DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PELAKSANAAN TERA ULANG ALAT UKUR TAKAR TIMBANG DAN PERLENGKAPANNYA (UTTP) TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PASAR PRAMBANAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Antusiasme pedagang pasar dalam pelayanan tera ulang masih tergolong minim. Masih banyak timbangan yang belum terdapat cap tanda tera digunakan pedagang untuk berjualan. Keluhan-keluhan dari masyarakat masih banyak diberikan. Misalnya tempat pelayanan yang tidak nyaman, biaya yang dibebankan tergolong mahal, dan lainnya. Melihat hal ini, maka perlu adanya terhadap sosialisasi, pengawasan dan kualitas pelayanan dalam pelaksanaan tera ulang UTTP di pasar tradisional kabupaten Sleman terhadap perlindungan konsumen. UTTPnya yang selama ini masih kurang. Sehingga terwujudnya pasar yang tertib ukur tanpa adanya kecurangan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dan dokumentasi dengan subjek pegawai Metrologi legal dan informan dari pedagang pasar Kabupaten Sleman. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kualitas pelayanan Tera ulang di Pasar Kabupaten Sleman sudah cukup memenuhi prinsip penyelenggaraan pelayanan publik berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/ KEP / M.PAN/7/ 2003 secara keseluruhan. Namun masih ada beberapa poin yang kurang seperti keadaan lingkungan, kejelasan biaya, dan akurasi dalam pelayanan.
Keberhasilan pelayanan Tera ulang di pasar diukur dari jumlah pemilik alat UTTP yang menerakan alat UTTPnya secara keseluruhan. Hal ini ditentukan oleh kesadaran pedagang itu sendiri. Kesadaran pedagang dapat ditingkatkan dengan upaya peningkatan sosialisasi, pengawasan UPT dan kualitas pelayanan di Metrologi legal Kabupaten Sleman. Selain dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPT Metrologi legal, juga perlu dilakukan penguatan fungsi dan penambahan personil pengamat tera. Selanjutnya dengan mendidik tenaga penyidik pegawai negeri sipil agar dapat dilakukan sanksi tegas sesuai undangundang sehingga pedagang pasar memiliki tanggung jawab dan efek jera jika tidak melakukan Tera ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Tera Ulang, Kualitas Layanan, Pengawasan, Sosialisasi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:56
Last Modified: 05 Oct 2021 04:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item
View Item