Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Ketepatan Waktu Pelaporan Spt Tahunan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Di Kota Pematang Siantar)

Nainggolan, Sonya Kristiani (2021) Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Ketepatan Waktu Pelaporan Spt Tahunan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Di Kota Pematang Siantar). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (32kB)

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan kemudahan dalam pelayanannya bagi Wajib Pajak dalam melaporkan jumlah pajak yang harus dibayarkan atau dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dalam hal penyampaian SPT Tahunan yaitu dengan menerapkan modernisasi dalam sistem pelayanan perpajakan berbasis elektronik, salah satunya adalah e-Filing. Penerapan sistem e-Filing sebagai salah satu langkah yang diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam memenuhi kebutuhan wajib pajak khususnya yang diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Ketepatan Waktu Pelaporan SPT Tahunan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Pematang Siantar. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah penerapan sistem e-Filing, ketepatan waktu pelaporan SPT, kesadaran wajib pajak sebagai variabel independen, dan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel dependen. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di Pematang Siantar. Data diperoleh dengan metode Purposive Sampling sebanyak 120 Responden. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda dengan SPSS version 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Filling berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sedangkan ketepatan waktu pelaporan dan kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kota Pematang Siantar.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: E-Filling, SPT, Ketapatan Waktu, Kesadaran Wajib dan Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:40
Last Modified: 18 Jan 2022 04:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item