Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Pos Indonesia (Studi Pada Pelanggan Kantor Pos Besar Kota Tegal)

Saputri, Tri Yuniana Lintang (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Pos Indonesia (Studi Pada Pelanggan Kantor Pos Besar Kota Tegal). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (55kB)

Abstract

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Pengiriman Pos Indonesia (Studi pada Pelanggan Kantor Pos Besar Kota Tegal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Emosional, Harga dan Kemudahan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Pos Indonesia secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode non probability sampling. Teknik menentukan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Kantor Pos Besar Kota Tegal. Ukuran sampel sebesar 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil dalam penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Faktor Emosional, Harga dan Kemudahan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Harga dan Kemudahan secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Saran penelitian ini adalah jasa pengiriman Pos Indonesia khususnya Kantor Pos Besar Kota Tegal mengadakan pelatihan dan penilaian kinerja karyawan secara rutin agar dapat meningkatkan kecakapan dan ketanggapan karyawan terhadap tanggung jawabnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah tentukan. Saran selanjutnya adalah strategi yang dapat diterapkan oleh jasa pengiriman Pos Indonesia khususnya Kantor Pos Besar Kota Tegal dengan memberikan reward atau penghargaan terhadap pelanggan setia. Kemudian jasa pengiriman Pos Indonesia khususnya Kantor Pos Besar Kota Tegal menetapkan strategi penetapan harga fleksibel. Serta jasa pengiriman Pos Indonesia khususnya Kantor Pos Besar Kota Tegal melakukan pembenahan dan penambahan fasilitas atau sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan utama pelanggan untuk menunjang kenyamanan dan kepuasan selama berada di dalam atau lingkungan perusahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menggunakan ukuran sampel yang lebih besar dengan kriteria yang lebih luas lagi dan mencakup semua elemen populasi sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih mencerminkan kondisi yang sebenarnya, hasil mampu digeneralisasikan agar representatif. Selain itu juga dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan terhadap model ini dengan menambahkan variabel lain dan alat analisis lain yang belum digunakan pada model penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Harga, Kemudahan dan Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:41
Last Modified: 21 Jan 2022 04:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item
View Item