Implementasi Regulasi Media Penyiaran pada Masa Uji Coba Siaran Televisi Digital CNN Indonesia dan CNBC Indonesia Di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh KPID DIY (Studi Deskriptif Kualitatif Tayangan Masa Uji Coba Siaran Televisi Digital CNN Indonesia dan CNBC Indonesia Periode November 2020)

Al haq, Faisal Alauddin (2021) Implementasi Regulasi Media Penyiaran pada Masa Uji Coba Siaran Televisi Digital CNN Indonesia dan CNBC Indonesia Di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh KPID DIY (Studi Deskriptif Kualitatif Tayangan Masa Uji Coba Siaran Televisi Digital CNN Indonesia dan CNBC Indonesia Periode November 2020). Implementasi Regulasi Media Penyiaran pada Masa Uji Coba Siaran Televisi Digital CNN Indonesia dan CNBC Indonesia Di Daerah Istimewa Yogyakarta oleh KPID DIY (Studi Deskriptif Kualitatif Tayangan Masa Uji Coba Siaran Televisi Digital CNN Indonesia dan CNB. pp. 1-32.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Skripsi - Faisal Alauddin - 17071177.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan regulasi media penyiaran pada masa Uji Coba Siaran Televisi (EUCS) televisi digital CNN Indonesia dan CNBC Indonesia yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Bulan November 2020. Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS) sendiri merupakan tahap pengujian bagi stasiun televisi yang akan melakukan siarannya di kawasan yang akan ditempatinya. Regulasi media penyiaran yang digunakan yaitu Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016, dan Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 13 Tahun 2016. Peneliti tertarik untuk meneliti karena ingin mengetahui bagaimana penerapan regulasinya terlebih kepada stasiun televisi digital yang akan memperlebar siarannya di kawasan DIY. Penelitian ini disusun seara deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data denga observasi parsipatif, wawancara semi-struktur dan dokumentasi. Teori yang digunakan merupakan Teori Regulasi Media Penyiaran yang berfokus pada SPS Pasal 33 Ayat 1 dan 2, SPS Pasal 34 Ayat 1, SPS Pasal 54 Ayat 2, SPS Pasal 67 Ayat 1, SPS Pasal 68 Ayat 1, Peraturan Menkominfo No 18 Tahun 2016 Pasal 44 Ayat 1 Poin 2, serta Perda DIY No 13 Tahun 2016 Pasal 15 dan 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CNN Indonesia dan CNBC Indonesia melakukan beberapa regulasi dengan benar namun masih ada beberapa pelanggaran, namun hal tersebut masih diberikan keringanan oleh KPID DIY dikarenakan masih dalam masa EUCS.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Uji Coba Siaran, Regulasi Media Penyiaran, Televisi Digital, KPID DIY
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:16
Last Modified: 18 Jan 2022 06:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item