Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Neno, Marsela Ervin (2021) Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (100kB)

Abstract

Going concern merupakan suatu idikasi bahwa dalam penilaian auditor apakah perusahaan tersebut bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang. Factor-faktor yang mempengaruhui Opini Audit Going Concern adalah profitabilitas dan likuiditas merupakan kemampuan perusahaan dalam melunasi utang jangka pendeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada : (1) Pengaruh Profitabilitas terhadap Opini Udit Going Concern. (2) Pengaruh Likuiditas terhadap Opini Audit Going Concern (3) Pengaruh Profitabilitas dan likuiditas terhadap Opini Audit Going Concern. Jenis penelitian ini adalah penelitian kasual komparatif. Populasi dalam penelitian manufaktur adalah perusahan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020. Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Profitabilitas berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern hal ini ditunjukan dengan koefisein regrasi X1 sebesar 36,385 dan nilai signifikan sebesar 0,040 yaitu kurang dari 0,05 2) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukan dengan koefisien regrasi X2 sebesar 0,363 dan nilai signifikansi sebesar 0,609 lebih besar dari 0,05 3) Profitabilitas dan Likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi Profitabilitas dan Likuiditas sebesar 0,02 dan lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas. Likuiditas, Opini Audit Going Concern
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:28
Last Modified: 18 Jan 2022 05:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item