Analisis Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Pt.Ultrajaya Milk Industry And Trading Company, Tbk Periode 2015-2019

Asmono, Emerald Novelia Dwiki (2021) Analisis Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Pt.Ultrajaya Milk Industry And Trading Company, Tbk Periode 2015-2019. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
SKRIPSI VERSI PUBLIKASI.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dalam memperoleh keuntungan pada PT.Ultrajaya Milk Industry And Trading Company, Tbk. periode tahun 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh melalui Laporan Keuangan melalui Annual Report yang diterbitkan oleh perusahaan yang dapat diakses melalui situs resmi https://www.ultrajaya.co.id/ yang meliputi laporan keuangan perusahaan, khususnya Laporan Posisi Keuangan dan Laporan Laba Rugi. Laporan keuangan tersebut yang menjadi dasar dalam perhitungan EVA (Economic Value Added) dan MVA (Market Value Added). Hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode analisis EVA menunjukkan nilai yang positif atau EVA > 0, terbukti dengan nilai EVA yang tertinggi ditahun 2019, dan nilai terendah ditahun 2015, analisis MVA menunjukkan nilai yang negatif atau EVA < 0, terbukti dengan nilai MVA yang tertinggi ditahun 2019.Akan tetapi manajemen perusahaan sudah bisa dikatakan berhasil dalam menciptakan nilai tambah ekonomi perusahaan karena ditahun selanjutnya EVA mengalami kenaikan yang artinya kinerja keuangan perusahaan kembali membaik atau meningkat sehingga mampu menciptakan kekayaan bagi pemegang sahamnya.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Cost of Debt (kd), Net Operating After Tax (NOPAT), Return of Equity (ROE), Weight Average Cost of Capital (WACC), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:21
Last Modified: 18 Jan 2022 05:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item