Pengaruh Direktur Wanita, Bonus Plans, Dan Political Cost Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Perhotelan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2017-2019)

Deviana, Lourensia (2021) Pengaruh Direktur Wanita, Bonus Plans, Dan Political Cost Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Perhotelan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2017-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_LOURENSIA DEVIANA.docx

Download (149kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh direktur wanita, bonus plans, dan political cost terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan landasan toeri nature yang menjelaskan perbedaan gender antara pria dan wanita, serta teori agency yang sangat penting dalam pengembangan teori akuntansi positif yang menjelaskan adanya sifat oportunis dari agen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 data dari 10 perusahaan yang diperoleh menggunkan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunkan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa direktur wanita, bonus plans, dan political cost tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Implikasi dari penelitian ini yaitu pihak perusahaan perlu meningkatkan pengawasan terhadap laporan keuangan, sehingg tidak terjadi kecurangan dan tindakan menyimpang terhadap laporan keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Direktur Wanita, Bonus Plans, Political Cost, dan Manajemen Laba
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:31
Last Modified: 18 Jan 2022 05:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item View Item