Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Simatupang, Elsa Yosefin (2021) Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Elsa Yosefin Simatupang_17081441.docx

Download (36kB)

Abstract

Perilaku cyberbullying menjadi salah satu dampak negatif akibat kemajuan teknologi. Berdasarkan beberapa penelitian ditemukan bahwa pelaku cyberbullying adalah siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan perilaku perundungan maya (cyberbullying) pada siswa sekolah menengah atas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif antara regulasi diri dengan perilaku perundungan maya (cyberbullying) pada siswa sekolah menengah atas. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berada pada rentang usia 15 – 19 tahun sebanyak 130 subjek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Regulasi Diri dan Skala Perilaku Cyberbullying. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,197 dengan p = 0,012 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara regulasi diri dengan perilaku cyberbullying pada siswa sekolah menengah atas. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R2) = 0,039 artinya variabel regulasi diri mempengaruhi perilaku cyberbullying sebesar 3,9%.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpusatkaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, regulasi diri, siswa sekolah menengah atas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:34
Last Modified: 18 Jan 2022 03:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item View Item