PELANGGARAN IKLAN KAMPANYE PILKADA DIY PADA TAYANGAN TELEVISI LOKAL DIY DALAM PERSPEKTIF P3SPS DAN UU PENYIARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tayangan Kampanye Pilkada Televisi Lokal DIY Periode 22 November – 8 Desember 2020)

Saputro, Muchamad Anjas Eko (2021) PELANGGARAN IKLAN KAMPANYE PILKADA DIY PADA TAYANGAN TELEVISI LOKAL DIY DALAM PERSPEKTIF P3SPS DAN UU PENYIARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tayangan Kampanye Pilkada Televisi Lokal DIY Periode 22 November – 8 Desember 2020). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan dan memaparkan tentang pelanggaran iklan kampanye Pilkada yang terjadi pada televisi lokal DI Yogyakarta dengan menggunakan perspektif P3SPS dan UU Penyiaran. Judul dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif pada tayangan kampanye pilkada televisi lokal DI Yogyakarta periode 22 November – 8 Desember 2020. Pemantauan siaran Pilkada DIY ini dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah DI Yogyakarta yang berkoordinasi dengan lembaga berwenang yaitu Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pilkada. Kemudian regulasi yang berlaku juga saling berkaitan, dalam penelitian ini digunakan Peraturan Komisi Pemilihan Umum sebagai dasar untuk mengkategorikan tayangan melakukan pelanggaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan secara jelas pelanggaran iklan kampanye Pilkada DIY dalam perspektif P3SPS dan UU Penyiaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, berperanserta dan wawancara. Analisis data digunakan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh KPID DIY menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu media televisi lokal. Tindak lanjut yang dilakukan oleh KPID sebagai pengawas adalah meminta pertanggungjawaban dari pihak bersangkutan untuk memberikan klarifikasi atas pelanggaran yang dilakukan. Setelah memberikan klarifikasi atas pelanggaran tersebut, televisi lokal tersebut diberikan sanksi berupa teguran oleh KPID sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Pelangaran iklan kampanye Pilkada, P3SPS, Peraturan Komisi Pemilihan Umum, KPID DIY, media televisi lokal.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:30
Last Modified: 07 Jan 2022 09:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item