Penerapan Kode Etik Foto Jurnalistik ( Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Kode Etik Fotografi Jurnalistik Oleh Freelancer Foto Jurnalis Pada Pengabadian Momen Demo Omnibus Law Oktober 2020)

Fathoni, Muhammad Hadi (2021) Penerapan Kode Etik Foto Jurnalistik ( Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Kode Etik Fotografi Jurnalistik Oleh Freelancer Foto Jurnalis Pada Pengabadian Momen Demo Omnibus Law Oktober 2020). Penerapan Kode Etik Foto Jurnalistik ( Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Kode Etik Fotografi Jurnalistik Oleh Freelancer Foto Jurnalis Pada Pengabadian Momen Demo Omnibus Law Oktober 2020). pp. 1-20.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini akan memaparkan terkait penerapan kode etik foto jurnalistik yang dirancang oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) yang berisi 14 pasal untuk mengatur para foto jurnalis bekerja di lapangan. Pada penelitian ini yang menjadi titik fokus utama adalah para freelance foto jurnalis yang mengambil isu liputan demo omnibus law berbagai kota di Indonesia pada 2020 lalu serta hasil karya foto mereka yang akan diteliti apakah sudah berpedoman pada kode etik foto jurnalistik yang dirancang oleh PFI. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diharapkan dapat mendeskripsikan dengan jelas bagaimana para freelance foto jurnalis ini dalam menerapkan 14 pasal kode etik foto jurnalistik tersebut, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan tahap analisis data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikatakan freelance foto jurnalis yang menjadi narasumber penelitian ini dapat dikatakan sudah mengimplementasikan pasal demi pasal kode etik foto jurnalistik dengan baik, namun ada beberapa foto yang membuat masyarakat awam sedikit ambigu

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kode etik foto jurnalistik, freelance foto jurnalis, foto jurnalistik.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:16
Last Modified: 31 Jan 2022 07:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12667

Actions (login required)

View Item View Item