Komunikasi Antara Pengurus Dan Anggota Asrama Dalam Menjalankan Kedisiplinan Kebersihan Lingkungan Di Asrama Mahasiswa Merapi Singgalang Yogyakarta

Haqqi, Zaimul (2021) Komunikasi Antara Pengurus Dan Anggota Asrama Dalam Menjalankan Kedisiplinan Kebersihan Lingkungan Di Asrama Mahasiswa Merapi Singgalang Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (64kB)

Abstract

Komunikasi merupakan elemen penting dalam semua kegiatan manusia, baik kegiatan individu maupun kegiatan berkelompok. Peran komunikasi dalam kegiatan organisasi sangat dibutuhkan untuk tercapainya hubungan yang baik. Komunikasi organisasi ini digunakan oleh penghuni Asrama Mahasiswa Merapi Singgalang Yogyakarta untuk menjalankan kedisiplinan kebersihan lingkungan asrama. Dalam penelitian ini peneliti mencari tahu pola komunikasi seperti apa yang digunakan dalam menerapkan kedisiplinan kebersihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah ketua asrama, koordinator divisi kelestarian, dan 2 anggota asrama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan komunikasi yang digunakan pengurus Asrama Merapi Singgalang adalah proses komunikasinya secara langsung dan tidak langsung. Pola komunikasinya secara sekunder dan linier dan berbentuk pola komunikasi rantai secara langsung dan Macam pola komunikasi. Namun komunikasi yang sering digunakan adalah komunikasi secara langsung, polanya linier, dan berbentuk komunikasi rantai.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Komunikasi, Kedisiplinan Kebersihan, Asrama Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:59
Last Modified: 14 Jan 2022 04:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item