Strategi Komunikasi Persuasif Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu Dalam Mensosialisasikan Program Ptsl

Sukma, Puji Haryadi Mulyana (2021) Strategi Komunikasi Persuasif Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu Dalam Mensosialisasikan Program Ptsl. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi_puji haryadi mulyana sukma_190720279-converted.docx

Download (20kB)

Abstract

Berbagai permasalahan menghambat dalam percepatan program PTSL di Kabupaten Lebong. Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang bertujuan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program PTSL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Kantor pertanahan Kabupaten Lebong dalam mempersuasif masyarakat dalam mensosialissikan program PTSL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, studi pustaka, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis yakni teori strategi komunikasi persuasif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi persuasif yang digunakan tim ajudikasi program PTSL Kabupaten Lebong yakni strategi Psikodinamika, Sosiokultural, dan The Meaning Construction. Persuasif yang dilakukan dengan cara merubah presepsi yang salah pada masyarakat, memberikan pengetahuan dan menyentuh bagian kehidupan emosionalnya. Serta memperhitungkan lingkungan yang berngaruh berpengaruh di kehidupan masyarakat seperti keluarga dan tokoh masyarakat.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: : Program PTSL, Strategi komunikasi persuasif, ATR/BPN Kabupaten Lebong, Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:35
Last Modified: 18 Jan 2022 06:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item