Studi Deskriptif Kualitatif Interpersonal Relations Pada “Grup Sans” Melalui Aplikasi Discord Dalam Meningkatkan Solidaritas Tahun 2020

Suciyana, Ayu (2021) Studi Deskriptif Kualitatif Interpersonal Relations Pada “Grup Sans” Melalui Aplikasi Discord Dalam Meningkatkan Solidaritas Tahun 2020. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (214kB)

Abstract

Pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat salah satunya diakibatkan dengan kebijakan Work From Home (WFH) karena munculnya pandemi Covid-19 sejak Maret, 2020. Dengan itu, internet menjadi penunjang masyarakat dalam bekerja, belajar dan komunikasi. Media sosial merupakan sebuah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah menerima dan berbagi informasi didunia virtual. Discord salah satu media sosial yang membantu anggota Grups Sans dalam bermain game online seperti Mobile Legend. Dengan adanya interaksi yang intens, maka terbentuklah kedekatan dari masing – masing anggota untuk menjaga komunikasi agar berjalan dengan baik. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada Grup Sans. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana interpersonal relations terbentuk dalam “Grup Sans” melalui aplikasi Discord dan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kelompok dapat berjalan baik dalam “Grup Sans”. Penelitian ini dilandasi Teori Fundamental Interpesonal Relations Orientation dari Willian C. Schultz. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat tiga kebutuhan interpersonal dalam kelompok yaitu, inclusion, control dan affection. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan interpersonal pada Grup Sans saat bermain game online Mobile Legend untuk meningkatkan solidaritas terbentuk dari masing – masing sikap dan kepercayaan setiap anggota.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Relations, Media Sosial, Discord, Solidaritas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:14
Last Modified: 14 Jan 2022 04:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item
View Item