Pemanfaatan Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) oleh masyarakat Kota Yogyakarta sebagai aplikasi layanan publik untuk mewujudkan Jogja Smart City Studi Deskriptif pendekatan Kualitatif.

Indriyani, Novia Wahyu (2021) Pemanfaatan Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) oleh masyarakat Kota Yogyakarta sebagai aplikasi layanan publik untuk mewujudkan Jogja Smart City Studi Deskriptif pendekatan Kualitatif. Pemanfaatan Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) oleh masyarakat Kota Yogyakarta sebagai aplikasi layanan publik untuk mewujudkan Jogja Smart City Studi Deskriptif pendekatan Kualitatif.. pp. 1-24.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan aplikasi jogja smart service oleh masyarakat kota Yogyakarta sebagai aplikasi layanan public untuk mewujudkan Jogja Smart City dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya urbanisasi yang dilakukan oleh penduduk Indonesia, hingga riset yang dilakukan oleh Our World In Data sebesar 72,81% Indonesia mengalami urbanisasi pada tahun 2050 sehingga akan semakin komplek permasalahan yang akan terjadi, sehingga dibutuhkan pemanfaatan teknologi informasidan komunikasi menuju smart city untuk jalan keluar permasalahan terutama di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi , wawancara secara langsung dan virtual serta dokumentasi. Observasi dan wawancara dilakukan dengan narasumber yaitu terdiri dari empat orang masyarakat kota jogja yang berasal dari wilayah berbeda-beda dan pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta sebagai penanggungjawab mengenai aplikasi jogja smart service. Melalui penelitian yang sudah dilakukan ini , diketahui bahwa pemanfaatan aplikasi jogja smart service oleh masyarakat kota Yogyakarta sebagai pelayanan public sudah dilakukan dengan baik dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu aplikasi jogja smart service sebagai bentuk layanan public yang mampu membantu kota yogykarta dalam mewujudkan Jogja smart city.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Jogja Smart Service, Smart City , Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:31
Last Modified: 21 Jan 2022 04:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item