Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Revaluasi Aset Tetan Dan Pengaruhnya Terhadap Reaksi Pasar (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Cucun, Cucun (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Revaluasi Aset Tetan Dan Pengaruhnya Terhadap Reaksi Pasar (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (217kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan revaluasi aset dan pengaruhnya terhadap reaksi pasar. Penelitian ini bersifat kausal yang bermaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independent dalam hal ini adalah firm size, leverage, fixed asset intensity, liquidity, dan declining cash flow from operation terhadap keputusan revaluasi aset tetap dan dampaknya terhadap reaksi pasar. Sampel penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Pemnilihan sampel berdasarkan metode purpose sampling. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Logistik dan Regresi Linier Sederhana. Dalam penelitian ini ditentukan level of significant sebesar 0,05. Sehingga apabila dari hasil olah data diketahui nilai yang didapatkan lebih kecil dari level of significant maka hipotesis dapat dianggap benar. Berdasarkan hasil olah data dengan pengujian Wald didapatkan p-value firm size = 0,004. Artinya firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap. Didapatkan p-value leverage = 0,029. Artinya leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepitsan revaluasi aset tetap. Didapatkan p-value fixed asset intensity = 0,040. Artinya fixed asset intensity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap. Didapatkan p-value liquidity = 0,014. Artinya liquidity berpengaruh negative fan signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap. Didapatkan p-value declining cash flow from operation = 0,048. Artinya declining cash flow from operation berpengaruh negative dan signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap. Didapatkan p-value keputusan revaluasi aset = 0,037. Artinya keputusan revaluasi aset tetap berpengaruh positif dan signifikan terhadap reaksi pasar.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Revaluasi Aset Tetap, Pertambangan, Reaksi Pasar (Saham)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:49
Last Modified: 19 Jan 2022 06:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item