Karya Film Pendek “Satéja” (Relasi Kuasa Heteronormativitas Pada Minoritas Gender Khususnya Homoseksual Di Tengah Ruang Lingkup Heteronormatif)

Ananda, Hendika Dwi (2021) Karya Film Pendek “Satéja” (Relasi Kuasa Heteronormativitas Pada Minoritas Gender Khususnya Homoseksual Di Tengah Ruang Lingkup Heteronormatif). Karya Film Pendek “Satéja” (Relasi Kuasa Heteronormativitas Pada Minoritas Gender Khususnya Homoseksual Di Tengah Ruang Lingkup Heteronormatif). pp. 1-17.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi - Hendika Ananda - 17071132.docx

Download (943kB)

Abstract

Fenomena pria homoseksual yang menikah acap kali kita temukan di sekitar kita, dan terkadang sulit untuk dipahami apabila tidak merunut dari akar permasalahannya. Terdapat dua tema mendasar untuk merunut fenomena ini, yaitu perkawinan dan pendirian keluarga heteroseksual; dan juga penafsiran ajaran agama yang konservatif. Pada akhir tahun 2017, Saiful Muljani Research & Consulting melakukan survei pada 1.220 responden dengan hasil 87,6 persen orang menyatakan sangat terancam dan cukup terancam oleh kelompok LGBT. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai bagaimana relasi kuasa heteronormativitas pada minoritas gender khususnya homoseksual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui observasi secara daring maupun luring, serta wawancara dengan narasumber. Hasil dari penelitian dan pembuatan karya ini berupa deskriptif dan juga dalam bentuk audio visual (film pendek) dari bagaimana relasi kuasa heteronormativitas pada minoritas gender khususnya homoseksual di tengah ruang lingkup heteronormatif.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Relasi kuasa, heteronormativitas, homoseksual.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:05
Last Modified: 19 Jan 2022 06:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13706

Actions (login required)

View Item View Item