Hubungan Antara Perceived Organizational Support (Pos) Dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Karyawan Swalayan Di Yogyakarta

Susilo, Margaret Felicia (2021) Hubungan Antara Perceived Organizational Support (Pos) Dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Karyawan Swalayan Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (23kB)

Abstract

Semenjak dunia memasuki era globalisasi, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berbelanja di pasar modern (swalayan) ketimbang pasar tradisional. Hal ini membuat bisnis retail bertumbuh dengan pesat. Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin maju dan dunia pasar di warnai oleh bisnis online, akan tetapi eksistensi bisnis retail belum juga redup. Bisnis retail merupakan kegiatan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan perseorangan, keluarga, rumah tangga, dimana mereka sebagai konsumen akhir. Pasar Modern adalah salah satu jenis bisnis ritel dalam bentuk pasar yang diperkenalkan pada era 1970-an, tempat penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga (termasuk kebutuhan sehari-hari), dimana penjualan dilakukan secara eceran dengan cara swalayan (konsumen mengambil sendiri barang dari rak dagangan dan membayar ke kasir). Dalam bisnis retail, aset yang sangat penting untuk pengembangan dan pencapaian tujuan perusahaan adalah sumber daya manusia (karyawan). Karyawan diharapkan dapat menjamin kelancaran penyelenggaraan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Perceived Organizational Support dengan Organizational Citizenship Behavior pada karyawan swalayan di Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 75 karyawan swalayan yang memiliki karakteristik minimal masa kerja 1 tahun. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Organizational Citizenship Behavior yang disusun sendiri oleh peneliti dan Skala Perceived Organizational Support yang diadaptasi dari skala asli milik Eisenberger dari University of Delaware. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,646 dengan p<0,01 (p<0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara Perceived Organizational Support dengan Organizational Citizenship Behavior.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: swalayan, karyawan, organizational citizenship behavior, perceived organizational support
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:44
Last Modified: 07 Mar 2022 00:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item