Upaya Protokoler Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman Dalam Menjaga Citra Positif Pemerintahan

Kusumawardani, Ratri (2021) Upaya Protokoler Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman Dalam Menjaga Citra Positif Pemerintahan. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Ratri Kusumawardani_17071128-converted.docx

Download (22kB)

Abstract

Kegiatan keprotokoleran adalah kegiatan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara lembaga dengan publik internal maupun eksternal, yang mencakup kegiatan upacara, kunjungan, dan penyelenggaraan resepsi atau jamuan yang dilaksanakan oleh Sub Bagian Protokol. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya protokoler Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Sleman dalam menjaga citra positif pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Komunikasi, Humas, Protokol, Upaya dan Citra. Dengan lebih menekankan pada teori komunikasi dan citra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra positif Kabupaten Sleman terbentuk dari bagaimana kegiatan dan palayanan keprotokolan yang dilakukan oleh Protokol Sleman. Dari ketugasan protokol tersebutlah, citra positif pemerintah dapat ternilai. Hal tersebut tidak lepas dari bagaimana cara berkomunikasi dengan baik kepada semua pihak yang terlibat, sehingga unsur komunikasi dapat dipenuhi semua. Selain itu pembentukan citra juga ditentukan dari proses penyeleksian citra yang digunakan oleh protokol yakni selective retentions, sehingga pada akhirnya terbentuknya citra yang positif melalui 4 komponen dalam pembentukan citra yakni persepsi, kognisi, motivasi dan sikap.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Humas Pemerintahan, Protokol, Upaya, Citra.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:17
Last Modified: 21 Jan 2022 04:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item